5 Sabana Terindah Di Indonesia

Indoensia dikenal sebagai negara yang memilki banyak gunung hal ini disebabkan Indonesia berada pada titik pertemuan tiga lempeng tektonik (tectonic plate) yang saling bertabrakan yaitu lempeng Eurasia, Lempeng Indo Australia dan Lempeng Pasifik, mengakibatkan Negara Indonesia memiliki banyak tumbukan antar lempeng dan pada akhirnya menjadi rangkaian gunung api aktif (rangkaian Gunung Api Indonesia).

Karena banyaknya gunung berapi yang ada di Indonesia mengakibatkan banyak keuntungan dan kekayaan alam yang berlimpah terutama sumber daya alamnya. Tapi yang akan kita bahas kali ini bukan kekayaan alamnya melainkan haparan sabana yang menakjubkan dari gunung-gunung di Indonesia menurur sekarangtau.com

1. Sabana Gunung Lawu
Sabana Gunung Lawu

Mungkin tidak semua tahu bahawa gunung lawu ternyata punya hamparan padang sabana, karena untuk menemukan hamparan sabana digunung lawu ini kamu harus menggunakan jaur alternatif lewat jalur Candi Cetho maka padang sabana ini akan mudah ditemui dalam perjalanan dari POS 5 menuju pasar Dieng. Padang sabana di gunung lawu ini bernama Bulak Peperangan, diberi nama Bulak Peperangan dikarenakan mitos yang beredar di masyarakat sabana ini merupakan tempat peperangan antara Kerajaan Majapahit Brawijaya V dengan Kerajaan Demak dipimpin oleh Raden Patah.

Selain akan melewati hamparan sabana yang luas kamu akan memandang pesona alam yang luar biasa serta disugukan dengan sebuah komplek candi cetho.

2. Sabana Gunung Merbabu
Sabana Gunung Merbabu

Gunung merbabu merupakan gunung yang memiliki sabana lebih banyak dari yang biasanya, sabana gunung merbabu ini terbagi menjadi beberapa pos pendakian, yaitu sabana I dan sabana II. Sabana I dan II ini terkenal dikalangan pendaki, bukan saja menjadi pos peristirahatan dari pendakian Panjang ataupun bermalam menuju pendakian ke puncak, namun untuk dinikmati karena pemandangan yang disuguhkan di sabana ini luar biasa kawan.

Untuk mencapai padang sabana ini pendaki dapat melewati jalus selo ataupun gancik. Saat tiba dipadang sabana ini kamu akan betah berlama-lama untuk memanjakan mata dengan view Gunung Merapi, tak heran banyak pendaki yang banyak memilih bermalam di sabana ini.

3. Sabana Gunung Prau
Sabana Gunung Prau

Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini. Gunung prau ini menyajikan pemandangan yang siap untuk memanjakan mata kamu seperti dalam kemasan botol minuman Aqua yang kalian ketahui, karena pengambilan gambar kemasan itu diambil dari gunung prau ini. Digunung ini kita dapat melihat beberapa tumbuhan cantik yang menemani perjalanan mendaki kita, banyak bunga berwarna-warni dan juga padang ilalang yang sangat luas. Padang sabana di gunung prau ini lebih dikenal dengan sebutan bukit telletubies, hal ini karena bentuk pemandangannya berbukit-bukit dan sangat luas seperti film telletubies.

Untuk menuju puncak gunung prau ini kamu dapat menggunakan jalur Patak Banteng yang akan memakan waktu mendaki sekitar 3-4 jam. Selain dipuncak Gunung prau terdapat hamparan sabana yang luas, kamu akan disugukan dengan pemandangan gunung sindoro dan gunung sumbing di sisi selatan dan terlihat samar-samar gunung slamet disisi baratnya.

4. Sabana Gunung Rinjani
Sabana Gunung Rinjani

Gunung rinjani memiliki beberapa jalur pendakian resmi, diantaranya jalur pendakian Senaru, Sembalun, dan Torean. Satu di antara 3 jalur pendakian itu yang memiliki pemandangan sabana adalah Jalur Sembalun.

Jalur Sembalun ini merupakan pintu pendakian menuju puncak Gunung Rinjani dari arah timur. Sabana terbentang dari 0 km sampai mendekati pos 3 (kurang lebih 6km). Pemandangan di sabana ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia.

5. Sabana Gunung Semeru
Gunnug Semeru

Keindahan gunung semeru ini seperti surganya dunia, bahkan sampai terkenalnya gunung ini pernah menjadi tempat syuting film 5 CM. salah satu spot terbaik untuk memanjakan mata dengan keindahan alam adalah padang sabana di Gunung Semeru yang diberinama Oro-oro Ombo, letaknya diantara jalur pendakian Ranu kumbolo- Kalimati. Oro-Oro Ombo sendiri memiliki makna padang rumput yang luas. Tak tanggung-tanggung, luasnya sampai 100 hektare. Padang sabana ini didominasi oleh tumbuhan Verbena Brasiliensis yang mirip dengan bunga Lavender.

Digunung ini terkenal dengan pemandangan danau Ranu Kumbolo yang juga memiliki padang sabana yang berakhir melalui jalur Tanjakan Cinta. ibalik keindahannya Tanjakan Cinta ini juga memiliki mitos yang sangat terkenal yaitu barang siapa yang bisa terus berjalan melewati tanjakan ini sampai diatas bukit tanpa harus menoleh ke belakang, maka akan berjodoh dan cintanya akan abadi. Tetapi sebaliknya, jika ditengan perjalanan anda menoleh ke belakang, hubungan percintaan yang sedang dijalani konon akan berakhir.


EmoticonEmoticon