Perkembangan IPTEK Pada Masa Orde Baru

perkembangan iptek pada masa orde baru
Pada Masa Orde Baru
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia pada masa ini berkembang dengan sangat cepat, berbeda pada masa seblumnya. Orde Baru sendiri terkenal sebagai era pembangunan Indonesia dan di kepala negarai oleh Soeharto yang terkenal sebagai bapak pembangunan Indonesia.

Pada awal tahun 1970-an kemajuan IPTEK mengalami peningkatan yang didukung pemerintah karena faktor-faktor perkembangan ekonomi, perluasan pertanian, dan perubahan sosial budaya. Pada tanggal 6 Maret 1962 dibentuknya DURENAS (Departement Urusan Riset Nasional) yang kemudian berganti nama menjadi Departement Riset Nasional (DRN) yang bertugas untuk merumuskan, mengamati, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan riset dan teknologi di Indonesia.

Pada tanggal 23 Agustus1967 pemerintah mendirikan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai fusi dari DRN dan MIPI yang memiliki tugas:
  1. memberikan nasehat atau arahan kepada pemimpin pemerintah dalam hal perumusan dan penyusunan kebijakan nasional dalam ilmu pengetahuan.
  2. membimbing aparatur-aparatur penelitian ilmiah dan pengembangan teknologi yang ada.
  3. membina tenaga-tenaga peneliti agar mempunyai rasa kesadaran ilmiah rakyat Indonesia seta tanggung jawab yang tinggi untuk upaya perkembangan yang pesat di Indonesia.
  4. menanam, memupuk, mengembangkan, dan membina kesadaran ilmiah di kalangan rakyat Indonesia.
  5. menyelenggarakan hubungan dan kerjasama dengan badan internasional dan badan ilmiah negara lain sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Pada masa Orde Baru terkenal akan perkembangan teknologi yang cukup dibanggakan, bahkan terkenal sampai luar negeri diantaranya:

Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa

SKSD Palapa adalah sistem satelit komunikasi yang dikendalikan oleh sistem satelit komunikasi pengendalian bumi yang dibuat oleh HAC (Hughes Aircraft Company) Perumtel Indonesia. Satelit ini dibangun pada tahun 1974-1976 dengan peluncuran generasi 1-A1. Sampai tahun 1996 sudah generasi ke tiga dengan kode C2 yang jarak  jangkaunya dari Irian sampai Vladivostok (Rusia), dari Australia sampai Slandia Baru, satelit ini juga dipakai oleh negara-negara tetangga. Selain SKSD Palapa sekarang ini kita mengenal satelit komunikasi yang lain, yaitu Telkom-1 dan Garuda-1.

Televisi

Berdasarkan surat keputusan Menpen tahun 1961 TVRI lahir untuk menayangkan/meliput semua kegiatan kejuaraan Asia Games IV di Jakarta. TVRI berhasil mengudara pada acara Liputan 17 Agustus 1962 di Istana Negara, kemudian pada tanggal 24 Agustus 1962 TVRI diresmikan oleh Presiden Sukarno.

Setelah diresmikannya TVRI oleh Sukarno terus menerus mengalami perkembangan pada masa Orde Baru. Namun mulai tanggal 1 April 1981 Pemerintah melarang siaran niaga dengan alasan:
  • TVRI berfungsi sebgai gooverment tool (alat pemerintah) yang bertugas menyiarkan pembangunan dan hasil-hasilnya keseluruh pelosok Indonesia.
  • TVRI berperan meningkatkan pengetahuan dan wawasan pola pikir masyarakat.
  • Masyarakat bersifat konsumerisme.
Kemudian pada tahun 1989, pemerintah mengizinkan kehadiran televisi swasta sehingga bermunculan TV swasta seperti RCTI, SCTV, TPI, ANTV, Indosiar dan sebagainya.

Sarana Perhubungan

Sarana perhubungan pada masa ini digalakan besar-besaran sebagai upaya penunjang kehidupan rakyat, seperti sarana perhubungan darat yang paling banyak diminati oeleh masyarakat karena harganya yang relatif murah, cepat dan mudah dijangkau. Sarana perhubungan darat yang diupayakan adalah pemeliharaan jalan raya yang sudah ada, membangun jalan tol dan jalan layang, pembangunan rel kereta api, dan penggandaan kereta api yang lebih modern.

Selain perhubungan darat yang dikemangkan pada masa ini pula meningkatkan sarana perhubungan laut dan udara sebagai sarana penjangkauan dan mempercepat lalu lintas antar pulau, serta upaya untuk meningkkatkan perdagangan domestik dan internasional.

Pada Masa reformasi

Seiring perkembangan zaman Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada masa ini mengalami perubahan baik dalam ilmu pengetahuan dan Teknologi yang semakin modern. Pada awalnya perkembangan IPTEK di masa reformasi mengalami kendala akibat berkurangnya porsi anggaran yang disebabkan oleh krisis moneter pada tahun 1998, namun sejak tahun 2008 terjadi krisis kredit rumah yang terjadi di Amerika Serikat, mengakibatkan Indonesia mengalami peningkatan ekonomi dan berbarengan peningkatan pengembangan riset dan teknologi.

Meningkatkan prestasi pelajar Indonesia dalam Olimpiade Internasional baik dalam bidang Ilmu Pengetahuan maupun bidang teknologi, kemudian pemerintah dalam hal ini Kemendikbud maupun Kemenristekdikti mengambil kebijakan dengan menaikan kembali porsi anggaran untuk pengembangan IPTEK di Indonesia. Saat ini perkembangan yang sedang pesatnya adalah media elektronik (Hp, Komputer, Tv, dsb.) sebagai alat penunjang kehidupan. Untuk saat ini Ilmu Pengetahuan banyak di plopori sebagian besar mahasiswa akibat di dukungnya pemerintah dalam meningkatkan penemuan-penemuan yang bertujuan memajukan Indonesia.

agar lebih tau dulu pada saat zaman orde lama

2 komentar


EmoticonEmoticon